Recent Post

FLEX

Jumat, 16 Oktober 2020

Kunjungan SRB Sulawesi Barat Ke Dinas pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Majene

Pembelajaran Berbasis TIK atau biasa dikenal dengan istilah PembaTIK adalah program peningkatan kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK guru UNESCO. level ini dikenal dengan level berbagi TIK. Mengapa level ini disebut level berbagi? tidak semua orang memiliki kemampuan dan keinginan untuk berbagi  Level ini bermuatan karakter positif dan membentuk mental para pesertanya untuk tidak kikir dengan ilmu dan pengetahuan yang telah dimiliki. Selain dituntut untuk kreatif, karena peserta sudah digenjot dengan 3 level sebelumnya, peserta juga diarahkan untuk dapat berbagi pengetahuan dengan orang lain yang ada di sekitarnya. Dengan membagi Ilmu, maka ilmu itu tidak akan berkurang namun malah lebih bertambah.

Sehubungan dengan hal tersebut maka pada tanggal 5 Oktober 2020 yang bertepatan dengan hari guru internasional SRB Sulawesi Barat, Karmila, S.Pd.,M.Pd dan Abdul Mujid, S.Pd.,M.Pd berkunjung ke dinas pendidikan dan pemuda olahraga kabupaten Majene. adapun maksud dan tujuan kunjungan tersebut adalah untuk bersilaturahmi serta memohon izin kepada Dinas pendidikan dan pemuda olahraga kabupaten Majene untuk mengadakan sosialisasi  pengenalan fitur fitur rumah belajar serta pemanfaatan portal rumah belajar dalam pembelajaran di wilayah pemerintahan kabupaten Majene.


Alhamdulillah kunjungan kami diterima dengan hangat oleh sekretaris dinas pendidikan  bapak Syamsu Rais  S.Pd M.Pd karena kepala Dinas tidak berada di tempat pada waktu itu. Sebelum kami menyampaikan tentang portal Rumah belajar ini, beliau mengira bahwa Rumah Belajar itu semacam tempat belajar di kehidupan nyata, setelahnya itu barulah beliau memahami dan menyampaikan kepada kami bahwa memang di Kabupaten Majene ini baru pertama kali diadakan sosialisasi tentang Rumah belajar, jadi masyarakat belum sepenuhnya memahami bagaimana eksistensi dari Rumah belajar saat ini. Beliau sangat mendukung kegiatan kami dan berharap agar SRB Sulawesi Barat dapat membumikan  portal rumah belajar di Sulawesi Barat dan khususnya di Kabupaten Majene. Menurut beliau portal rumah belajar sangat cocok digunakan oleh guru dan siswa. Karena selain gratis portal rumah belajar juga menyediakan berbagai layanan yang menarik dan dapat membantu guru, siswa, dan orang tua dalam proses belajar mengajar terutama pada masa Pandemi Covid 19 ini.


Salah satu bentuk dukungan awal  yang diberikan oleh Dinas pendidikan Kabupaten Majene adalah dengan diterbitkannya rekomendasi sosialisasi dan inovasi pembelajaran dengan portal Rumah belajar yang ditandatangani langsung oleh bapak Kepala Dinas  Ir.H.Iskandar,MM dengan Nomor 410/.54/977/2020.

Selain itu, kami juga menyempatkan diri berkunjung ke SMU Negeri 1 Majene dan diterima oleh Kepala SMU Negeri 1 Majene bapak Mulyadi Said. Kami  memohon ijin untuk berbagi pemanfaatan portal Rumah Belajar kepada Guru dan siswa, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yg ketat. Alhamdulillah  Bapak kepala sekolah juga sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Loyalitas beliau terhadap peningkatan mutu pendidikan khususnya kabupaten Majene  sangat  besar dan patut diacungi jempol.  akhirnya setelah bercerita panjang lebar tentang rumah belajar dan berbagai topik lainnya, kamipun sepakat menetapkan jadwal Sosialisasi di SMU Negeri 1 Majene pada tanggal 9 Oktober 2020 tepatnya pada hari Jumat pukul 09.00 WITA.

 

8 komentar: