Recent Post

FLEX

Selasa, 20 Oktober 2020

Essai PembaTIK Level 4 Tahun 2020 " Duta Rumah Belajar Inspirator & Motivator Abad 21"

 

Duta Rumah Belajar

Inspirator & Motivator Abad 21

Essai ini saya tulis sebagai syarat dan tagihan tugas pelatihan PembaTIK level 4 2020 “Berbagi TIK”. Nama saya Karmila. Saya berasal dari Majene, Sulawesi Barat. Saya adalah guru IPA di SMP Negeri 3 Rujukan Majene dan SRB Sulawesi Barat tahun 2020.

Abad 21 adalah abad kemajuan Teknologi. Perkembangan Ilmu Pengetahuan saat ini tidak lagi dapat dielakkan. Pesatnya kemajuan teknologi dan informasi telah menjalar di berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Peranan guru atau pendidik sangat menentukan maju tidaknya pendidikan di negara tercinta kita yaitu Indonesia. Untuk mengimbangi perkembangan tersebut, maka pendidik dan peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan yang maksimal serta berbagai kecakapan Abad 21.

Dengan dasar tersebut, maka saya sebagai seorang pendidik merasa harus membenahi diri. Bagaimana mungkin saya  yang notabene adalah pendidik mampu melakukan pembelajaran secara biasa di jaman perkembangan IPTEK yang luar biasa ini?. Pertanyaan tersebut terlontar di hati dan mendorong saya untuk harus mengembangkan pengetahuan dan menambah wawasan saya terutama dalam bidang TIK. Selain itu, saya juga memiliki pandangan bahwa seorang guru itu, harus kreatif dan inovatif agar para peserta didiknya termotivasi dan nyaman  untuk belajar. Masa depan bangsa ditentukan oleh generasi muda, maka tugas guru adalah memberikan bimbingan dan pengetahuan kepada mereka agar menjadi generasi yang unggul dan berkarakter.

Sejak tahun 2018 saya mendapatkan informasi tentang Pelatihan PembaTIK  yang diselenggarakan oleh Pusdatin. Pada waktu itu sayapun ikut dan hanya sampai di level 2. Dari sanalah saya juga mengenal portal Rumah belajar Kemdikbud. Pada tahun 2019, saya tidak ikut karena ada bebera pa kegiatan sekolah yang bersamaan. Barulah pada tahun 2020 saya kembali mengikuti kegiatan pelatihan PembaTIK, dan alhamdulillah bisa lolos sampai pada Level 4.

Kegiatan pelatihan PembaTIK yang telah saya ikuti selama ini sangat bermanfaat. banyak sekali ilmu dan pengetahuan baru yang saya dapatkan dan hal itu mampu merubah pandangan saya, bahwa pendidik itu selain harus kreatif dan inovatif, pendidik juga harus bisa menginspirasi banyak orang. Hal itulah yang saya lihat pada para instruktur dari Pusdatin Kemdikbud dan teman-teman Duta Rumah Belajar 2018 dan duta Rumah Belajar 2019. Kemampuan mereka yang luar biasa, tercermin dalam setiap kegiatan pembaTIK level 1, 2, 3, dan 4. Mereka telah berbagi banyak hal kepada kami. Segala yang mereka lakukan saat ini, sangat menyentuh jiwa saya untuk ikut dalam Pemilihan Duta Rumah Belajar 2020. Harapan saya apabila menjadi Duta Rumah Belajar kelak, bisa seperti para pendahulu kami para DRB 2018 & 2019, kreatif, inovatif, dapat memotivasi dan menginspirasi banyak orang terutama kepada peserta didik, rekan-rekan sejawat dan mereka yang menggeluti bidang pendidikan.

“ Hidupnya Pemuda itu dengan ilmu dan taqwa, jika keduanya tidak ada, maka    keberadaannya tidak dianggap ada” ( Imam Syafi’i)

0 komentar:

Posting Komentar