Recent Post

FLEX

Selasa, 20 Oktober 2020

SRB Sulawesi Barat Bertandang ke SMP Negeri 2 Majene

 

Bismillah....

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi di era digital ini semakin pesat yang ditandai dengan perubahan- perubahan nyata yang terjadi diberbagai sektor kehidupan. Menghadapi perubahan tersebut maka setiap orang harus berusaha memiliki berbagai kecakapan dan keahlian yang mendukung perubahan tersebut. Kecakapan yang dimaksud adalah kecakapan Abad 21. Menurut Rotherdam & Willingham dalam Trisdiano (2013) menyatakan bahwa kesuksesan seseorang peserta didik tergantung pada kecakapan Abad 21, sehingga peserta didik harus belajar untuk memilikinya. Adapun kecakapan yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah, Berpikir kritis, kreatif dan inovatif, mampu berkolaborasi serta memiliki kecakapan dalam berkomunikasi.



Apabila peserta didik dituntut untuk memiliki kecakapan-kecakapan tersebut, maka sistem pendidikan di Indonesia harus segera disiapkan agar dapat menyesuaikan dengan keadaan yang ada. Guru merupakan salah satu pelaku utama dalam dunia pendidikan yang memiliki peran menciptakan generasi unggul dan berkarakter. Olehnya itu guru dituntut untuk terus belajar dan memaksimalkan potensi yang dimilikinya dengan mengikuti berbagai pelatihan sesuai bidangnya masing-masing.



Sehubungan dengan hal tersebut, pada tanggal 10 Oktober 2020, SRB sulawesi Barat bertandang ke SMP Negeri 2 Majene. Sekolah ini juga merupakan salah satu sekolah favorit di wilayah kabupaten Majene dan telah mencetak berbagai prestasi dari Tingkat Kabupaten maupun Nasional. Atas rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan pemuda Olahraga Kabupaten Majene serta ibu kepala SMP Negeri 2 Majene, akhirnya kami diberi kesempatan yang spesial untuk melakukan sosialisasi dan Inovasi Pembelajaran dengan Portal Rumah belajar. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh ibu kepala Sekolah dan dihadiri oleh 23 peserta yang berasal dari guru-guru. Beliau menyampaikan kepada kami bahwa ada 2 guru di sekolah ini yang juga mendaftar sebagai peserta PembaTIK tahun ini, namun karena ada kegiatan sekolah yang begitu penting maka peserta tersebut tidak dapat melanjutkan ke level 4. Pada kesempatan ini pula, turut hadir Duta Rumah belajar Sulawesi Barat 2017 yakni bapak Ilham, M.Pd yang senantiasa memberi motivasi dan dukungan penuh demi kelancaran tugas-tugas kami.



Di awal kegiatan ini SRB memberi pertanyaan tebak-tebakan untuk memotivasi peserta sosialisasi. Materi pengenalan fitur-fitur rumah belajar dan model pembelajaran inovatif dibawakan oleh penulis sendiri, sedangkan materi PembaTIK dibawakan oleh rekan kami bapak Abdul Mujid. Alhamdulillah sosialisasi ini berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta.



Terimakasih kepada ibu kepala SMP Negeri 2 Majene yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk melakukan kegiatan sosialisasi serta kepada segenap guru-guru yang telah menyempatkan diri mengikuti kegiatan ini. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat kepada bapak/ibu sekalian. Wassalam

0 komentar:

Posting Komentar